Ini Dia 3 Langkah Menonjolkan Bisnis Menggunakan Twitter

headers1

Sebagai pebisnis online, kamu pasti sudah sering dengar tentang hal ini berkali-kali –sebuah bisnis juga harus hidup di dunia media sosial jika ingin bertahan dalam era digital saat ini. Hal ini juga didukung oleh beberapa data bahwa lebih dari 302 juta pengguna aktif bulanan Twitter berkomunikasi dalam 500 juta tweet per hari. Hal ini tidak bisa diabaikan begitu saja.

Bisnismu tidak hanya butuh kehadiran dalam dunia Twitter, tapi kamu juga harus bisa membuatnya menjadi unik dan menonjol di antara milyaran penduduk Twitter lainnya. Oleh karena itu, berikut ini adalah tiga cara mudah untuk membuat profil Twittermu lebih menonjol!

  1. Profile picture berperan sebagai kartu nama

Jika dilihat sekilas, profil Twitter akan terlihat serupa dengan Facebook karena juga menampilkan profil foto yang cukup besar. Twitter merekomendasikan untuk menggunakan foto dengan ukuran minimal 400 x 400 pixels.

NewTwitterSetup8
Credit: Mashable

Dengan adanya daftar “Following”, kamu sekarang bisa menggunakan fotomu sebagai kartu nama digital. Gunakan foto profil, header dan deskripsi singkat seoptimal mungkin dengan mencantumkan key message dari perusahaanmu untuk  menambah followers baru.

  1. Berbagai peluang melalui cover photo

2014-04-24_1725

Fitur seru lainnya dari profil Twitter adalah header image yang bisa disesuaikan (1500 x 500 pixels). Kamu bisa menggunakan fitur ini sebagai real estate utama dari bisnismu, jadi pastikan kamu mengupload gambar atau foto kualitas tinggi. Beberapa hal yang sebaiknya dipertimbangkan untuk membuat brandmu unggul:

– Apa produk/servis terbaikmu?
Header image adalah tempat ideal untuk menunjukkan pada followers apa produk/servis terbaik yang perusahaanmu tawarkan. Hal ini juga menghindari terjadinya ambiguitas saat orang mebuka profilmu untuk pertama kali. Ketika secara visual profilmu sudah sangat menarik, Twitter menjadi tools yang baik untuk menjual produk.

– Memamerkan produk baru
Apakah brandmu sedang meluncurkan produk baru atau sedang ada program promosi atau diskon? Cantumkan gambar dan teks di header image untuk mendeskripsikan produk baru atau penawaran itu, dan untuk menjelaskan periode waktu yang tersedia untuk penawaran tersebut. Jangan lupa untuk segera menggantinya ketika sudah habis masa waktunya!

– Pertegas menggunakan hashtag
Menggunakan hashtag sangat disarankan ketika kamu ingin melacak jumlah orang yang membicarakan bisnis, promosi, atau kontes yang kamu selenggarakan. Satu keuntungan dari header baru adalah kamu bisa dengan mudah mencantumkan hashtag pribadimu itu ke dalam desain gambar header.

Masih ada banyak cara dan keuntungan yang bisa didapatkan melalui penggunaan header image dan hal ini dipercaya sebagai tools ampuh untuk melakukan engagement dengan followers dan calon pelanggan.

  1. Fitur Pin Tweet
Zac_Efron__ZacEfron__on_Twitter
Actor Zac Efron adalah salah satu artis yang pertama kali mulai memanfaatkan fitur ”pinning”

Desain Twitter memungkinkanmu untuk menyematkan (pinning) tweet terbaik dan terpentingmu ke halaman teratas dari profilmu untuk memperkuat imej brandmu. Fitur ini memberikan bisnismu sebuah peluang untuk menghighlight promosi, menunjukkan review dari pelanggan, fokus pada update berita terbaru dan banyak lagi. Seorang ilmuwan data Twitter, Douglas Mason, menunjukkan beberapa strategi untuk membuatmu tetap terhubung dengan followers. Misalnya, dengan menambahkan video dalam satu tweet akan memberikan tambahan aksi retweet sebanyak 28% dan menambahkan foto akan memberikan 35% lebih banyak retweet. Sebaiknya kamu selalu ingat hal ini ketika akan menyematkan tweetmu.

Bagaimana caramu untuk mendorong bisnis melalui Twitter? Share tips-tipsmu dalam kolom komentar di bawah ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *