4 Tips Jitu Mempresentasikan Data Sosial Media Secara Efektif

373023

Saat Anda telah membuat metrik sosial media yang penting bagi bisnis, selanjutnya Anda akan memikirkan cara untuk menyajikan hasilnya di depan orang lain baik itu manajer maupun klien Anda. Agar bisa menjual nilai sosial media, Anda perlu tahu bagaimana mempresentasikan data dengan jelas dan membuat kasus yang persuasif. Berikut beberapa tips jitu untuk menyajikan data sosial media secara efektif.

Kenali Grafik Anda

Semua grafik tidak diciptakan sama, mereka dirancang untuk menampilkan data dengan cara tertentu dan terkadang yang satu lebih baik dari yang lain. Inilah yang perlu Anda ketahui tentang grafik dan apa tujuannya:

  • Scatter plot: Untuk menunjukkan korelasi
  • Pie chart: Untuk menunjukkan proporsi. Piecuch menganjurkan agar Anda memiliki data tidak lebih dari lima bagian. Jika Anda memiliki lebih banyak data, maka lebih baik menggunakan sesuatu selain pie chart
  • Line graph: Untuk menunjukkan tren dan pola. Ini biasanya dikenal dengan grafik timeseries
  • Bar chart: Untuk menunjukkan perbandingan
  • Tabel: Untuk menunjukkan nilai yang tepat

Mari kita menerapkannya pada data sosial media. Dengan memilih grafik yang tepat untuk data Anda, maka akan membantu presentasi berjalan dengan lancar.

Memperhatikan Soal Warna

Menggunakan berbagai macam warna agar membuat bagan data lebih atraktif sangat tidak disarankan. Terlalu banyak warna dalam grafik dapat mengganggu dan membingungkan audiens Anda untuk memahami informasi yang disajikan kepada mereka. Berikut adalah beberapa cara cerdas untuk memasukkan warna ke dalam visualisasi data:

  • Hindari warna merah karena memiliki konotasi negatif dan menunjukkan ada sesuatu yang tidak beres.
  • Gunakan gradien warna untuk menampilkan rangkaian waktu.
  • Highlight yang kuat dapat menekankan nilai tertentu yang Anda inginkan agar diperhatikan audiens.
  • Gunakan warna sesuai dengan rentang nilai yang berbeda misalnya biru untuk apapun yang nilainya lebih dari 90 persen dan oranye untuk apapun yang nilainya di bawah 10 persen.
  • Gunakan warna untuk mengelompokkan data yang relevan. Misalnya menggunakan biru untuk Twitter, dan pink untuk Instagram.
  • Gunakan warna perusahaan untuk memastikan Anda tidak berlebihan dengan terlalu banyak warna.

Kenali Audiens Anda

Mengetahui audiens adalah kunci jika Anda ingin melibatkan mereka secara efektif. Sesuaikan presentasi Anda dengan orang-orang yang melihat presentasi, apakah mereka pemangku kepentingan, kolega, atau eksekutif. Setiap audiens yang berbeda akan memiliki kepentingan yang berbeda dalam presentasi Anda. buatlah materi yang relevan dan tidak berlebihan.

Buatlah Mudah Dimengerti

Melihat data tidak seperti menggunakan aplikasi atau menavigasi situs web, namun pengalaman audiens sama pentingnya. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diingat saat mempertimbangkan pengalaman audiens.

  • Khusus untuk hal grafik, buatlah grafik yang mampu membandingkan nilai. Pastikan nilai-nilainya disajikan dalam urutan naik atau turun. Jangan membuat audiens harus membolak-balikkan antar nilai hanya untuk membandingkannya.
  • Luangkan waktu untuk menyortir data secara berurutan, memberi nilai kelompok yang sama jika masuk akal, dan menyoroti poin penting.
  • Jangan terlalu fokus pada estetika. Tolak keinginan untuk menggunakan terlalu banyak warna seperti yang telah dijelaskan di atas. Menahan diri dari menggunakan diagram lingkaran jika menulis angkanya saja sudah cukup.
  • Buatlah yang sederhana. Jauhi clipart, imagery, dan logo yang akan mengacaukan presentasi Anda. Biarkan data yang dimiliki dapat berbicara.

Selain beberapa poin di atas, Anda juga perlu memilih alat terbaik untuk menyajikan data. Berikut adalah beberapa alat yang favorit dan sering digunakan:

  • Tableau: Memudahkan untuk mengambil sejumlah besar informasi dan mengubahnya menjadi visual yang dinamis.
  • Adobe Illustrator: Bagus untuk perancang di tim Anda karena mereka mungkin menggunakan illustrator dalam perannya. Program ini menawarkan sembilan grafik yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan.
  • Hootsuite Analytics: Saat melaporkan bisnis, dashboard Hootsuite menggunakan metrik sosial media Anda dan mengubahnya menjadi visual yang dapat dibagikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *